Celah Bisnis

Sunday, November 19, 2017

Apasih arti manajemen logistik..?

21 comments:

  1. Menurut pakar yaitu John J. Coyle et al : beliau mengartikan Logistik sebagai cara bagaimana mendapatkan produk yang tepat, untuk pelanggan yang tepat, dalam jumlah yang tepat, dengan kondisi yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan pada biaya yang tepat.

    Jadi bisa diartikan manajemen logistik merupakan cara mengelola berbagai hal tersebut.

    Menurut businessdictionary.com sendiri manajemen logistik adalah penerapan prinsip-prinsip manajemen dalam operasional logistik agar barang dan personil bergerak secara efisien dan dengan biaya efektif biaya.

    Manajemen logistik yang terlaksana dengan baik akan membantu perusahaan mengurangi biaya dan meningkatkan layanan pelanggan. Sehingga menjadi semakin produktif dan meningkatkan profit perusahaan.

    Yuli Rachmawaty
    (0301517043 - MJ17B).
    Fakultas Ekonomi, Prodi Manajemen
    Mata Kuliah Dasar Manajemen
    Universitas Al Azhar Indonesia

    ReplyDelete
  2. Logistik merupakan seni, ilmu, barang, energi, informasi dan sumber daya lainnya, seperti produk jasa , dan manusia, dari sumber produksi ke pasar dengan tujuan mengoptimalkan penggunaan modal.

    Manufaktur dan marketing akan sulit dilakukan tanpa dukungan logistik. Logistik juga mencakup integrasi informasi, transportasi, inventori, pergudangan, reverse logistics dan pemaketan.

    Jadi, Manajemen Logistik merupakan bagian dari proses supply chain yang berfungsi untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan keefisienan dan keefektifan penyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi terkait dari titik permulaan (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dalam tujuannya untuk kebutuhan para pelanggan.



    Nadiyah Afifah
    (0301517026 - MJ17B)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Menurut para ahli :

    •Donald J.Bowersok (2000) ; Logistik didefinisikan sebagai Proses pengelolaan yang strategis terhadap pemindahaan dan penyimpanan barang, suku cadang dan barang jadi dari supplier, di antara fasilitas-fasilitas perusahaan dan kepada para langganan.
    •Lukas Dwiantara dan Rumsari Hadi (2004) ; Manajemen logistik merupakan serangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap kegiatan pengadaan pencatatan, pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan dan penghapusan logistik guna mendukung efektivitas dan efisiensi dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.

    Jadi, manajemen logistik adalah serangkaian kegiatan perencanaan, pengawasan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap kegiatan pengadaaan, pencatatan pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan serta penggunaan logistic secara terstruktur.

    Manajemen logistik menitikberatkan pada cara untuk mengelola barang melalui tindakan-tindakan perencanaan dan penentuan kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan, serta penghapusan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan atau badan udaha tertentu.

    SABDA ILLAHI RIZKI
    (0301517036 – MJ17B)
    Fakultas Ekonomi, Prodi Manajemen

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  6. Logistik merupakan seni dan ilmumengatur dan mengontrol arus barang,energi, informasi, dan sumber daya lainnya, seperti produk, jasa, dan manusia, dari sumber produksi ke pasar dengan tujuan mengoptimalkan penggunaan modal

    Manajemen adalah sebuah proses pengaturan, merencanakan melaksanakan dan mengendalikan

    jadi,Manajemen logistik merupakan bagian dari proses supply chain yang berfungsi untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan keefisienan dan keefektifan penyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi terkait dari titik permulaan (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dalam tujuannya untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan.

    ReplyDelete
  7. Manajemen Logistik- Terdapat dua terminologi yang dianggap berbeda oleh para pakar bisnis logistik, yaitu logistic management dan supply chain management (SCM). Apa sebenarnya perbedaan antara pengertian manajemen logistik dan manajemen rantai suplai ?
    Pengertian logistik – Terminologi manajemen logistik hadir lebih awal. Pengertian manajemen logistik yang paling dasar adalah proses pengintegrasian aktivitas keluar masuknya barang yang terjadi dalam skala organisasi. Fokus utamanya adalah murni perkara customer satisfaction atau kepuasan pelanggan.
    Sedangkan terminologi manajemen rantai suplai merupakan konsep modern ketika aktivitas logistik menjadi lebih luas dan kompleks. Fokus utamanya adalah meraih competitive advantage, sehingga pada gilirannya akan melibatkan multi organisasi.

    Annisa Wahyu Utami
    (0301517008 - MJ17B)

    ReplyDelete
  8. Manajemen logistik



    merupakan bagian dari proses supply chain yang berfungsiuntuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan keefisienan dan keefektifanpenyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi terkait dari titik permulaan (pointof origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dalam tujuannyauntuk memenuhikebutuhan para pelanggan.

    Audryan chairilyusfi
    (0301517010 - MJ17B)

    ReplyDelete
  9. Manajemen logistik



    merupakan bagian dari proses supply chain yang berfungsiuntuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan keefisienan dan keefektifanpenyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi terkait dari titik permulaan (pointof origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dalam tujuannyauntuk memenuhikebutuhan para pelanggan.

    Audryan chairilyusfi
    (0301517010 - MJ17B)

    ReplyDelete
  10. Logistik merupakan seni dan ilmu, barang, energi, informasi, dan sumber daya lainnya, seperti produk, jasa, dan manusia, dari sumber produksi ke pasar dengan tujuan mengoptimalkan penggunaan modal . Manufaktur dan marketing akan sulit dilakukan tanpa dukungan logistik. Logistik juga mencakup integrasi informasi, transportasi, inventori, pergudangan, reverse logistics dan pemaketan.

    Manajemen logistik merupakan bagian dari proses supply chain yang berfungsi untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan keefisienan dan keefektifan penyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi terkait dari titik permulaan (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dalam tujuannya untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan.

    Putra nada firdaus
    (0301517030 -MJ17B)

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Pengertian
    Serangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap kegiatan pengadaan, pencatatan, pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan dan penggunaan logistik guna mendukung efektifitas dan efisiensi dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.

    Berdasarkan uraian dari pengertian manajemen dan pengertian logistik, bahwa manajemen lebih menitik beratkan pada cara untuk mengelola barang melalui tindakan-tindakan perencanaan dan penentuan kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan dan penghapusan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
    Menurut Subagya (1994),” logistik adalah proses pengelolaan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan strategis barang, suku cadang dan barang dari para suplier, diantara fasilitas-fasilitas perusahaan dan kepada para langganan.”

    Amaynih Sudrajat
    (0301517006 - MJ17B)

    ReplyDelete
  13. MANAJEMEN PERLENGKAPAN ATAU LOGISTIK

    Serangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap kegiatan pengadaan, pencatatan, pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan dan penggunaan logistik guna mendukung efektifitas dan efisiensi dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.
    Berdasarkan uraian dari pengertian manajemen dan pengertian logistik, bahwa manajemen lebih menitik beratkan pada cara untuk mengelola barang melalui tindakan-tindakan perencanaan dan penentuan kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan dan penghapusan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Menurut Subagya (1994),” logistik adalah proses pengelolaan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan strategis barang, suku cadang dan barang dari para suplier, diantara fasilitas-fasilitas perusahaan dan kepada para langganan.”
    Adapun manajemen logistik adalah sebagai berikut.

    Manajemen adalah seni memperoleh hasil melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh orang lain, sedangkan logistik adalah bahan yang digunakan untuk kegiatan operasional. Manajemen logistik adalah suatu ilmu pengetahuan dan atau seni serta proses mengenai perencanaan dan penentuan kebutuhan pengadaan, penyimpanan, penyaluran dan pemeliharaan serta penghapusan material/alat-alat, sehingga manajemen logistik mampu menjawab tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan dengan ketersediaan bahan logistik setiap saat bila dibutuhkan dan dipergunakan secara efisien dan efektif (Subagya, 1994).(0301517004-MJ17B)

    ReplyDelete
  14. Logistik merupakan segala sesuatu yang baik berupa barang, energy, sumber daya, dan sebagainya yang menjadi sumber produksi pasar dengan tujuan untuk mengoptimalkan penggunaan modal.
    Tanpa adanya logistik manufaktur dan marketing akan sulit menjalankan bisnis. Namun untuk pengadaannya, logistik juga mencakup integrasi antara informasi, transportasi, inventori, pergudangan, reverse logistik, serta pemaketan.
    Jadi manajemen logistik adalah serangkaian kegiatan perencanaan, pengawasan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap kegiatan pengadaaan, pencatatan pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan serta penggunaan logistic secara terstruktur.
    Manajemen logistik menitikberatkan pada cara untuk mengelola barang melalui tindakan-tindakan perencanaan dan penentuan kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan, serta penghapusan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan atau badan usaha tertentu.


    Winda Novitasari
    (0301517042 - MJ17B)

    ReplyDelete
  15. manajemen logistik adalah suatu ilmu pengetahuan dan atau seni serta proses mengenai perencanaan dan penentuan kebutuhan pengadaan, penyimpanan, penyaluran dan pemeliharaan serta penghapusan material/alat-alat. sehingga manajemen logistik mampu menjawab tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan dengan ketersediaan bahan logistik setiap saat bila dibutuhkan dan dipergunakan secara efesien dan efektif.


    Fifi Septiana Putri
    (0301517014 - MJ17B)

    ReplyDelete
  16. manajemen logistik adalah adalah penerapan prinsip-prinsip manajemen dalam operasional logistik agar barang dan personil bergerak secara efisien dan dengan biaya efektif biaya.


    Husnul Hotimah
    (0301517018 - MJ17B)

    ReplyDelete
  17. PENGERTIAN MANAJEMEN LOGISTIK
    Martin
    Proses yang secara strategic mengatur pengadaan bahan (pembelian, perpindahan dan penyimpanan bahan, komponen, dan penyimpanan barang jadi (dan informasi terkait) melalui organisasi dan jaringan pemasarannya dengan cara tertentu sehingga keuntungan dapat dimaksimalkan baik untuk jangka waktu sekarang maupun waktu mendatang melalui pemenuhan pesanan dengan biaya yang efektif.
    The Council of Logistic Management (CLM)
    •Merupakan bagian dari proses rantai suplai yang berfungsi merencanakan, melaksanakan, mengontrol secara efektif, efisien proses pengadaan , pengelolaan , penyimpanan barang, pelayanan, dan informasi mulai dari titik awal (point of origin/titik asal) hingga titik konsumsi (point of consumption/titik konsumsi) dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumen.

    Silda Nadia
    (0301517038 -MJ17B)

    ReplyDelete
  18. Manajemen logistik merupakan bagian dari proses supply chain yang berfungsi untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan keefisienan dan keefektifan penyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi terkait dari titik permulaan (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dalam tujuannya untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan.

    Ridwan Rizkika
    ( 0301517034 - MJ17B )

    ReplyDelete
  19. Serangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap kegiatan pengadaan, pencatatan, pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan dan penggunaan logistik guna mendukung efektifitas dan efisiensi dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.
    Berdasarkan uraian dari pengertian manajemen dan pengertian logistik, bahwa manajemen lebih menitik beratkan pada cara untuk mengelola barang melalui tindakan-tindakan perencanaan dan penentuan kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan dan penghapusan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

    Muhammad Mahib
    (0301517024-MJ17B)

    ReplyDelete
  20. Manajemen logistik adalah serangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap kegiatan pengadaan, pencatatan, pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan dan penggunaan logistik guna mendukung efektifitas dan efisiensi dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.

    Muhammad Faza Naufal
    (0301517022-MJ17B)

    ReplyDelete
  21. Manajemen produksi merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengoordinasi kan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan-keputusan yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian, manajemen produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

    Aspek-aspek manajemen produksi meliputi ;

    A. Perencanaan produksi
    Bertujuan agar dilakukanya persiapan yang sistematis bagi produksi yang akan dijalankan. Keputusan yang harus dihadapi dalam perencanaan produksi:

    1. Jenis barang yang diproduksi
    2. Kualitas barang
    3. Jumlah barang
    4. Bahan baku
    5. Pengendalian produksi

    B. Pengendalian produksi
    Bertujuan agar mencapai hasil yang maksimal demi biaya seoptimal mungkin. Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain :

    1. Menyusun perencanaan
    2. Membuat penjadwalan kerja
    3. Menentukan kepada siapa barang akan dipasarkan.

    C. Pengawasan produksi
    Bertujuan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan rencana. Kegiatanya meliputi :

    1. Menetapkan kualitas
    2. Menetapkan standar barang
    3. Pelaksanaan produksi yang tepat waktU

    ReplyDelete